Pakai Sistem Pemilu, Pemilihan OSIS MTs Global Meriah dan Sukses

 


Gebang,— Pada hari Sabtu, 4 November 2023 MTs Global Al-Rahmah menggelar pesta demokrasi berupa pemilihan calon ketua dan wakil ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah ( OSIS ) masa bhakti 2023-2024 dengan mengusung tema “Pilosis Sebagai Sarana Integritas Pelajar”.

 

Pemilihan ini berlangsung layaknya pemilihan umum di Indonesia yakni dengan pelaksanaan tahapan-tahapan dari penjaringan bakal calon, penetapan daftar pemilih tetap, penetapan daftar calon tetap, sampai pembentukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), serta menganut asas Luber Jurdil (langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil), sebagaimana tertuang dalam Pasal 2 UU No. 7 Tahun 2017 (UU Pemilu).

Kegiatan yang dilaksanakan mulai pukul 08.00 – 12.00 WIB di halaman madrasah ini, turut serta mendatangkan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Gebangkulon yang diwakili Anwar sebagai Kadiv Data dan Informasi guna memberikan arahan tentang Demokrasi Pancasila sebelum Pemungutan dan Penghitungan dimulai.

Dalam arahannya, Anwar berpesan agar siswa-siswi harus mengetahui hak dan kewajibannya sebagai pemilih, Menurutnya, partisipasi dalam Pilosis bukan hanya untuk kepentingan sesaat, dan bukan sekadar sudah 'nyoblos'. “Rekan-rekanita ini dalam 4-5 tahun kedepan akan menjadi Pemilih Pemula dalam Pemilu. Maka, sekarang adalah saat yang tepat untuk belajar menjadi pemilih yang cerdas, Pilosis ini bukan kegiatan “nyoblos” saja, tetapi menentukan Nahkoda OSIS untuk satu tahun kedepan”.

Kepala MTs Global Al-Rahmah Hj. Puspawati Adialamsyah, S.Sos.I menyampaikan, Dari kegiatan ini peserta didik diharapkan mampu mendapatkan pengetahuan sebagai proses penguatan karakter siswa, serta menjadi wadah untuk belajar dari lingkungan sekitar. Serta, agar siswa mampu bertanggung jawab atas siapa yang menjadi pilihannya.

Pemahaman mengenai pemilu memang sengaja ditanamkan sejak tingkat ini supaya siswa mengetahui prinsip memilih wakil rakyat tanpa ada paksaan. Selain itu, ketua yang mereka pilih sesuai dengan harapan mereka sendiri.(Matglora)

0 Komentar

Kreatif, Produktif, dan Berakhlakul Karimah

MTs Global Al-Rahmah memiliki komitmen untuk Mencetak Generasi Kreatif dan Produktif yang Berakhaluk Karimah

Kreatif

Kreatif

memungkinkan siswa untuk terlibat dalam pengalaman belajar yang kreatif sehingga akan memperluas pemahaman dan mempertahankan pengetahuan para siswa

Produktif

Produktif

menciptakan kondisi agar siswa melakukan proses berfikir untuk menemukan gagasan-gagasan unik, dan memanfaatkan gagasan tersebut menjadi ide-ide yang memiliki nilai lebih, sehingga dihasilkan karya yang nyata dan berguna.

Berakhlakul Karimah

Berakhlakul Karimah

membiasakan siswa untuk berpikir, bersikap dan bertindak dengan akhlak yang baik, membiasakan kegiatan amaliyah untuk meningkatkan nilai-nilai moral siswa sesuai dengan ajaran Islam Ahlussunnah wal jama’ah.