MTs Global Al Rahmah Pioneering Digital Assessment: Sumatif Akhir Semester Tanpa Kertas

Gebang,— Dalam upaya memanfaatkan perkembangan teknologi digital dan mendukung efisiensi pendidikan, MTs Global Al Rahmah menggelar pelaksanaan Sumatif Akhir Semester (SAS) dengan sistem online menggunakan perangkat smartphone. Langkah inovatif ini diambil sebagai bagian dari komitmen madrasah dalam mendukung digitalisasi pendidikan dan mewujudkan pendidikan yang ramah lingkungan.

Pelaksanaan SAS yang biasanya menggunakan lembaran kertas ujian kini sepenuhnya dilakukan secara daring melalui aplikasi rancangan tim IT  yang dapat diakses oleh seluruh siswa. Sistem ujian ini mencakup soal-soal pilihan ganda yang dapat dikerjakan oleh siswa melalui perangkat pribadi.

Kepala MTs Global Al Rahmah, Hj. Puspawati Adialamsyah, S.Sos.I, menyampaikan sambutannya terkait pelaksanaan ujian online ini. Dalam wawancara, beliau menyatakan bahwa perubahan ini adalah bagian dari upaya untuk menyiapkan siswa menghadapi dunia yang semakin terhubung dengan teknologi digital.

“Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, kita perlu menyesuaikan diri dengan perubahan tersebut. Dengan sistem ujian online ini, kami ingin memberikan pengalaman yang lebih modern dan efisien kepada siswa. Selain itu, penggunaan teknologi ini juga mendukung gerakan ramah lingkungan karena mengurangi ketergantungan pada penggunaan kertas,” ujar Ibu Puspa.

Sambutan Kepala Madrasah ini juga disertai dengan optimisme bahwa pelaksanaan ujian berbasis teknologi ini akan memberikan manfaat jangka panjang, baik untuk peningkatan kualitas pembelajaran maupun untuk pengelolaan administrasi yang lebih efisien. Selain itu, hasil ujian yang sudah terkumpul dapat langsung dianalisis dan disimpan secara digital, memudahkan guru dalam proses evaluasi dan penilaian.

Sejumlah siswa MTs Global Al Rahmah juga memberikan pendapat mereka mengenai pelaksanaan SAS online tanpa kertas ini. Menurut Nashwa, seorang siswi kelas 8, ujian online memberikan kenyamanan tersendiri bagi para peserta ujian.

“Menurut saya, ujian online ini lebih praktis karena kita tidak perlu khawatir soal ujian kertas hilang atau rusak. Selain itu, kita bisa mengerjakan ujian lebih santai dan fokus. Proses pengisian jawaban juga terasa lebih cepat,” ujar Nashwa dengan antusias.

Hilal, seorang siswa lainnya, menyampaikan hal serupa. “Selain lebih efisien, ujian online ini juga membuat kita lebih terbiasa dengan teknologi. Semua soal sudah tersedia di platform, dan waktu pengerjaan juga terpantau dengan jelas. Kami merasa lebih siap menghadapi ujian di masa depan yang pasti semakin terintegrasi dengan teknologi.”

MTs Global Al Rahmah juga melihat pelaksanaan ujian berbasis digital sebagai langkah positif menuju pendidikan yang lebih maju dan relevan dengan zaman. Inovasi ini diharapkan dapat menumbuhkan kecakapan digital siswa dalam menghadapi dunia kerja yang semakin mengandalkan teknologi.

Sistem ujian online ini juga membantu mengurangi penggunaan kertas, mendukung upaya ramah lingkungan, serta meminimalkan potensi kesalahan dalam pengelolaan soal dan penilaian. Dengan demikian, MTs Global Al Rahmah berharap dapat menjadi pionir dalam mengimplementasikan sistem pendidikan berbasis teknologi yang tidak hanya efisien tetapi juga berkelanjutan.

Pelaksanaan Sumatif Akhir Semester (SAS) online tanpa kertas di MTs Global Al Rahmah menjadi contoh nyata bagaimana teknologi digital dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Dengan sambutan positif dari siswa dan pihak madrasah, diharapkan inovasi ini dapat terus berkembang dan diterapkan dalam berbagai aspek kegiatan pendidikan di masa depan.

Dengan langkah ini, MTs Global Al Rahmah semakin memperlihatkan komitmennya untuk memberikan pendidikan yang tidak hanya berkualitas, tetapi juga relevan dengan tuntutan zaman yang serba digital.

0 Komentar

Tujuan Pendidikan MTs Global Al Rahmah

Tujuan pendidikan di MTs Global Al Rahmah secara umum adalah meningkatkan kecerdasan hati, pikir dan sikap sehingga akan terwujud peserta didik yang berahlak karimah dan berkecakapan hidup.

Kecerdasan Hati

Kecerdasan Hati

Pelajar yang memiliki kecerdasan hati adalah individu yang mampu merasakan dan memahami emosi diri sendiri dan orang lain dengan mendalam. Mereka memiliki empati yang tinggi, sehingga dapat berhubungan baik dengan teman-teman dan guru.

Kecerdasan Pikir

Kecerdasan Pikir

Pelajar yang memiliki kecerdasan berpikir adalah individu yang mampu menganalisis, mengevaluasi, dan menyelesaikan masalah dengan cara yang logis dan kreatif. Mereka cenderung memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, aktif bertanya, dan mencari pemahaman yang lebih dalam tentang konsep-konsep yang dipelajari.

Kecerdasan Sikap

Kecerdasan Sikap

Pelajar yang memiliki kecerdasan bersikap adalah individu yang mampu menunjukkan sikap positif dan etika yang baik dalam berbagai situasi. Mereka memiliki kesadaran diri yang tinggi dan mampu mengelola emosi serta perilaku mereka dengan bijaksana.