KURIKULUM OPERASIONAL MADRASAH

 


Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Bismillahirrahmanirrahim,

Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, atas bimbingan taufik dan hidayah-Nya, Shalawat dan salam tercurah limpah kepada Nabi Muhammad SAW, Tim Pengembang Kurikulum Madrasah Tsanawiyah Global Al Rahmah dapat menyelesaikan penyusunan dan pengembangan Kurikulum Operasional Madrasah (KOM) sebagai pedoman penyelenggaraan pendidikan dan pengelolaan proses pembelajaran agar terprogram, terarah, dan tepat tujuan, khususnya dalam mengantarkan peserta didik menjadi manusia yang insan kami memiliki Profil Pelajar Pancasila dan  Pelajar Rahmatan Lil’alamiin sebagai bekal hidup di dunia dan akhirat, serta bekal membangun negeri tercinta Indonesia.

Kurikulum Operasional Madrasah Tsanawiyah Global Al Rahmah Tahun Pelajaran 2023/2024 disusun berdasarkan Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional Madrasah yang diterbitkan oleh Direktorat KSKK Madrasah Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI yang  mencerminkan merdeka belajar dan pengimplementasian Profil Pelajar Pancasila dan Pelajar Rahmatan Lil’alamiin dengan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan yang memuat karakteristik satuan pendidikan, visi, Misi, dan tujuan, pengorganisasian pembelajaran, rencana pembelajaran, pendampingan, evaluasi, dan pengembangan profesional, serta lampiran.

Semoga kurikulum operasional madrasah ini dapat dijadikan pedoman bagi peningkatan mutu lulusan, mutu proses pembelajaran, mutu guru, dan mutu manajemen madrasah, sehingga madrasah yang unggul, berdaya guna dan berhasil guna sebagai madrasah mandiri dan berprestasi dapat terwujud.

Kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan serta bimbingan demi terselesaikannya Kurikulum Operasional Madrasah Tsanawiyah Global Al Rahmah Tahun Pelajaran 2023/2024 ini, kami ucapkan terima kasih. Hanya kepada Allah SWT kita memohon petunjuk dan pertolongan.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb

Dokumen KOM 2023

0 Komentar

Tujuan Pendidikan MTs Global Al Rahmah

Tujuan pendidikan di MTs Global Al Rahmah secara umum adalah meningkatkan kecerdasan hati, pikir dan sikap sehingga akan terwujud peserta didik yang berahlak karimah dan berkecakapan hidup.

Kecerdasan Hati

Kecerdasan Hati

Pelajar yang memiliki kecerdasan hati adalah individu yang mampu merasakan dan memahami emosi diri sendiri dan orang lain dengan mendalam. Mereka memiliki empati yang tinggi, sehingga dapat berhubungan baik dengan teman-teman dan guru.

Kecerdasan Pikir

Kecerdasan Pikir

Pelajar yang memiliki kecerdasan berpikir adalah individu yang mampu menganalisis, mengevaluasi, dan menyelesaikan masalah dengan cara yang logis dan kreatif. Mereka cenderung memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, aktif bertanya, dan mencari pemahaman yang lebih dalam tentang konsep-konsep yang dipelajari.

Kecerdasan Sikap

Kecerdasan Sikap

Pelajar yang memiliki kecerdasan bersikap adalah individu yang mampu menunjukkan sikap positif dan etika yang baik dalam berbagai situasi. Mereka memiliki kesadaran diri yang tinggi dan mampu mengelola emosi serta perilaku mereka dengan bijaksana.